Thursday 10 March 2016

Unknown

Teungku Ahmad Dewi Tokoh Ulama Pendakwah (Da'i)



Teungku Ahmad Dewi adalah Seorang Tokoh Ulama Pendakwah (Dai) Kelahiran Idi Cut Aceh Timur. Beliau merupakan salah satu ulama yang berani dan tegas melawan kebijakan pemerintah yang bertentangan dengan syariat islam di bumi serambi mekkah. Beliau mengharamkan putra-putri aceh menghafal Pancasila sebelum pandai membaca Alif Ba Ta karena menurut beliau lebih dahulu turun perintah menuntut ilmu agama dari pada mengamalkan Pancasila.

Teungku Ahmad Dewi merupakan anak dari Teungku Muhammad Husen (Ayahnya) dan Dewi (Ibunya) Kelahiran Peudagee Sumatera Utara. Nama Pada akhiran beliau merupakan nama dari sang ibundanya. Sehingga beliau lebih dikenal dengan Teungku Ahmad Dewi. Kakeknya merupakan seorang Ulama Fiqih Ternama Teungku Hasballah yang bergelar Teungku Chik di Meunasah Kumbang. Dari beliau belajar ilmu agama Islam di dayah (pesantren) dan terakhir tercatat sebagai santri dari Pesantren Abu Abdul Aziz Samalanga. Beliau memimpin Pesantren BTM Bantayan Idi Cut, Aceh Timur.

Sebagai seorang pendakwah kondang beliau sering diundang hampir ke setiap pelosok desa yang ada di seluruh Aceh dan dalam dakwahnya selalu berisikan sindiran-sindiran halus kepada pemerintahan untuk mengubah kebijakan-kebijakan yang tidak memihak kepada rakyat kecil dan meminta agar diberlakukan syariat Islam di Aceh. Beliau dengan Barisan Tentara Merahnya juga menghalau muda-mudi yang bukan muhrim yang duduk berdua-duaan di tepi pantai Idi Cut. Beliau berdakwah tujuh hari tujuh malam dengan mengundang para ulama-ulama seluruh Aceh untuk mencari solusi tegaknya syariat Islam di Aceh.

Akhirnya Beliau dituduh subversif (merongrong ideologi Pancasila) dan berkali-kali keluar masuk penjara, dalam penjara pun Beliau tetap berdakwah mengajak narapidana bertobat kembali ke jalan Allah. Setiap ada persidangan dia di pengadilan selalu dipenuhi ratusan ribu massa untuk meyaksikan jalannya sidang sang dai. Pada waktu Aceh berstatus siaga, Operasi Jaring Merah dilancarkan di Aceh, Teungku Ahmad Dewi (sang pendakwah kondang) sampai hari ini tidak pernah muncul lagi di atas podium.

Unknown

About Unknown -

Saya bukanlah seorang pemula dan juga bukan seorang master dalam dunia blogger, saya hanya seseorang yang hobi menulis dan selalu mencari hal-hal yang baru. Tinggalkan komentar agar ada kesan dari anda. Salam Sukses.

Subscribe to this Blog via Email :

Post Comment